PMK 197/2013... Angin segar bagi Pengusaha tapi ada intrik apa lagi ya??



Nah kemarin dapet info bahagia nih buat klien, ada PMK baru yaitu PMK 197/2013 (nanti kalo sudah keluar versi digitalnya saya upload link nya.. UPDATE : Di Sini) yang menjelaskan batasan Pengusaha Kecil kalo kaitan PPN ya PKP (Pengusaha Kena Pajak) menjadi Rp 4,8 M setahun.

Mungkin PMK ini keluar sebagai dampak dari keluarnya PP 46 dan case ini lah yang jadi perdebatan banyak orang terutama beberapa klien, "Udah suru setor 1% omzet tiap bulan (yang buerat setengah mati..) masih suru setor PPN lagi, lha kita ini suru jualan untung berapa...."

Pernyataan di atas saya rasa bukan uman 1-2 orang deh yang mengalami, nah dengan PMK baru ini diharapkan pengusaka UKM tidak perlu gelisah lagi soal PPN nya cukup fokus ke PP 46 dahulu..

Tapi yang jadi pertanyaan kan bukan itu? Lha kalo batasan PKP meningkat jumlah potensial PKP berkurang dong? Kalo ditarik lagi target PPN ga bisa naik donk?

Nah ini lah seremnya pajak (bahasanya kok mensugesti banget.. haha), masih inget berita suka cita kenaikan PTKP 2013 kemarin? Target pajak 2013 ehh tetep naik, akhirnya terjadilah manuver pendalaman PPh 21 dan WP OP yang selama ini dianggap comfort zone. Mulai banyak OP dan Badan yang kena "surat cinta" terkait PPh 21 nya..

Sebagai penutup, kita tunggu saja hasil PMK ini dan semua pasti berharap kinerja DJP yang sudah membaik ini dapat semakin bagus ke depannya sehingga para pelaku Bisnis dan Pemerintah dapat saling mendukung iklim usaha di Indonesia..

0 Response to "PMK 197/2013... Angin segar bagi Pengusaha tapi ada intrik apa lagi ya??"

Post a Comment